Site Loader

Promo menarik pada undian Data HK 2020 – 2021.

jpnn. com – BMKG kembali mengingatkan warga di tepi laut untuk meningkatkan kewaspadaan terpaut kenaikan air laut bersaingan gerhana bulan total, Rabu.

Taat Koordinator Data dan Keterangan, Stasiun Geofisika, BMKG Sulawesi Utara, Edward Mengko, fenomena Super Blood Moon menyebabkan air laut naik.

“Karena benar gerhana bulan berada di posisi dekat dengan bumi, pengaruh gravitasi bulan bisa menyebabkan kenaikan air bahar. Warga diharapkan waspada jikalau gerhana bulan total tersebut terjadi bersamaan  waktu cairan pasang, ” kata dia di Manado.

Baca Juga:

Gerhana bulan adalah perkara terhalanginya cahaya matahari sebab bumi sehingga tidak semuanya sampai ke bulan.

Posisi matahari, bumi, dan bulan tersebut dapat diprediksi sebelumnya.

Gerhana bulan total terjadi saat posisi matahari-bumi-bulan sejajar, menyebabkan kamar masuk ke umbra bumi, akibatnya saat fase totalitas gerhana terjadi, bulan mau terlihat kemerahan.

Baca Juga:

“Salah satu tupoksi Institusi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebagai institusi negeri adalah memberikan informasi & pelayanan tanda waktu, tercatat di dalamnya adalah keterangan gerhana bulan dan matahari, ” tambah Edward.

Dia melanjutkan, dengan membandingkan jarak bumi-bulan dan kejadian gerhana bulan total 26 Mei 2021 dapat diketahui bahwa periode puncak gerhana ini berlaku hanya 9 jam 28 menit sejak bulan berharta di perige (dekat bumi).

Scott Thomas