Site Loader
Fadel: Pertanian Bisa Jadi Tulang Punggung Pembangunan, Bila Dikelola dengan Jalan

Bonus harian di Keluaran HK 2020 – 2021.

jpnn. com , PADANG – Wakil Ketua MPR RI Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan sektor pertanian masa dikelola dengan baik bisa menjadi tulang punggung pembangunan nasional, apalagi Indonesia memiliki sumber daya & potensi yang sangat besar.

Namun, Fadel mengingatkan bahwa potensi dan sumber daya tersebut tidak akan berfungsi apa-apa kalau tak diusahakan dengan baik.

Karena itu, Fadel mengucapkan, jangan sampai sumber daya dan potensi yang dimiliki itu malah meninabobokan, seolah-olah kaya tetapi nyata tidak memiliki apa-apa.

Baca Juga:

Seperti sajak lagu berjudul Kolam Susu, yang di dalamnya terdapat bait “ikan dan udang menghampirimu, tongkat semak dan batu jadi tanaman”.

Fadel mengatakan bila dipahami secara harfiah, seolah-olah secara diam saja makanan akan muncul sendiri, padahal potensi dan sumber daya, itu harus diupayakan dengan kerja keras.  

Fadel menjelaskan berdasar petunjuk Badan Pusat Statistik (BPS),   2020 ini produksi padi mencapai 55, 16 juta ton GKG (gabah kering giling) setara secara 31, 63 juta ton padi.

Baca Juga:

Menurutnya, secara matematis perhitungan tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan beras dalam negeri.

“Kenyataannya, sejak lama kita selalu mengimpor beras. Bahkan dalam masa 50 tahun kita mengimpor beras untuk memenuhi kebutuhan dalam daerah, ” kata Fadel pada Lektur Ilmiah Dies Natalis ke-66 Fakultas Pertanian Universitas Andalas,   Medan, Sumatera Barat.

Scott Thomas