Site Loader
KPK Menyetorkan Uang Pengganti Rp dua, 365 Miliar dari Elfin MZ ke Kas Negara

jpnn. com , JAKARTA kacau Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menyetorkan uang pengganti sebesar Rp 2, 365 miliar dari Elfin MZ Muchtar ke kas negeri.

Elfin merupakan eks Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Muara Enim yang berstatus terpidana kasus suap terkait penerapan 16 paket proyek jalan dalam daerahnya.

“Jaksa eksekutor KPK telah selesai melakukan putusan mejelis hakim terhadap amar putusan pembayaran uang pengganti sehingga Terpidana telah melunasi pembayaran uang sebesar Rp 2. 365. 000. 000, 00, ” ungkap Pengelola Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri, Senin (23/11).

Baca Juga:

Kekayaan pengganti tersebut dilunasi Elfin MZ melalui empat tahap pada kurun waktu Juli 2020-November 2020, dengan jumlah masing-masing sebesar Rp 300 juta, Rp 300 juta, Rp 1 miliar, dan Rp 765 juta.

Ali menjelaskan bahwa hukuman denda & uang pengganti merupakan upaya buat memaksimalkan pemasukan kas negara lantaran hasil asset recovery tindak pidana korupsi.

Karena itu, katanya, dalam penanganan suatu perkara KPK tidak hanya menuntut pidana penjara sebagai bagian efek jera bagi pelaku korupsi, tetapi juga terus berupaya menyelesaikan dakwaan denda dan uang pengganti pada para koruptor.

Baca Juga:

Sebelumnya, Elfin MZ Muchtar divonis dengan hukuman tangsi selama empat tahun dan dam Rp 200 juta subsider enam bulan penjara.

Elfin terbukti secara sah menerima suap dari terdakwa Robi Okta Fahlevi selaku kontraktor untuk pengerjaan 16 paket proyek jalan dalam Kabupaten Muara Enim.

Scott Thomas