Site Loader
MenPAN-RB: Digitalisasi Manajemen ASN, Bekerja dari Mana pun

Bonus harian di Keluaran HK 2020 – 2021.

jpnn. com , JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo mengungkapkan, era digital dan pandemi Covid-19 secara simultan mendorong percepatan dalam transformasi digital. Pelayanan publik yg biasa tatap muka tiba-tiba sebagaiselaku, ala, menurut, drastis beralih ke virtual.

“Proses bisnis ditantang untuk lebih sederhana dan elektronis tanpa terkendala perbedaan ruang dan waktu. Cepat dan dinamis, ” kata Menteri Tjahjo saat memberikan sambutan sekaligus meluncurkan sistem informasi aparatur sipil negara (SIASN) dalam Rakornas Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) 2020, Kamis (17/12).

Menteri Tjahjo menggarisbawahi, dalam menghadapi tantangan multidimensi era digital serta pandemi Covid-19, yang telah mendisrupsi segala aspek kehidupan, termasuk susunan kerja di sektor publik, diperlukan transformasi kebijakan dengan pendekatan sistem dan SDM.  

Baca Juga:

Antara lain, transformasi birokrasi digital dengan membentuk smart government, organisasi yang fleksibel, dan simplifikasi proses bisnis yang kompleks menjadi sederhana.

Selanjutnya, manajemen ASN di dalam era new normal melalui flexible work arrangement (FWA) sehingga ASN bisa bekerja dari mana pun tanpa harus selalu berada pada kantor-kantor pemerintahan. Walaupun begitu, kinerja ASN lebih terukur.

“Digitalisasi manajemen ASN merupakan langkah strategis dalam merespon tantangan transformasi digital yang dimaksud, ” tandas Menteri Tjahjo.  

Baca Juga:

Dia menambahkan,   digitalisasi sistem pemerintahan merupakan salah satu perwujudan reformasi birokrasi melalui akselerasi pemanfaatan dukungan teknologi informasi secara intensif serta masif. Digital government menjadi salahsatu solusi dan keniscayaan dalam mengoptimalkan pelayanan publik.  

“Transformasi digital dalam penyelenggaraan pemerintahan juga mencakup bagaimana mengintegrasikan seluruh area layanan sehingga mampu menciptakan suatu nilai tambah yg memberikan kepuasan kepada masyarakat sebagai pengguna layanan, ” pungkas Tjahjo Kumolo. (esy/jpnn)

Scott Thomas