Site Loader
Pedoman dari Staf Ahli Menkominfo supaya Masyarakat Tak Tertipu Hoaks soal Covid-19

jpnn. com , JAKARTA – Staf Terampil Bidang Hukum Menteri Komunikasi & Informatika (Menkominfo) Henri Subiakto menjelaskan cara menangkal hoaks terkait Covid-19.

Menurut Henri, sebaiknya masyarakat melakukan dua langkah awal saat menerima informasi.

“Harus skeptis, kritis terhadap keyakinan sendiri, ” kata Henri di dalam diskusi virtual bersama Juru Bicara Satgas Covid-19 Reisa Broto Asmoro, Kamis (8/10).

Baca Juga:

Selain itu, Henri meminta masyatakat tidak merasa paling benar, apalagi ketika menyambut informasi yang akurasinya diragukan dalam media sosial.  

 

Akademisi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya itu menegaskan, ada pola tentang masyarakat yang percaya hoaks hendak bertemu dengan lingkungan yang pula penuh dengan informasi palsu.

Baca Juga:

“Mereka saling membenarkan. Meski teman depan kita, padahal informasinya belum tentu benar, ” kata Henri.

Selain itu, Henri juga meminta masyarakat disiplin pada melalukan check and recheck demi menghindari hoaks termasuk soal Covid-19. Menurutnya, syak terhadap informasi harus ditanyakan pada yang ahli di bidangnya.

“Saya mencontohkan bahan hoaks soal thermo gun . Yang omong thermo gun bahaya untuk otak itu membangun ahli ekonomi, ” kata tempat merujuk pada wawancara Helmy Yahya dengan ekonom Ichsanuddin Noorsy dalam YouTube. (tan/jpnn)

Scott Thomas